Bunga umumnya dapat digunakan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan, termasuk juga untuk mengungkapkan rasa duka. Biasanya untuk mengungkapkan rasa duka atas kepergian orang yang dicintai, dengan berbagai bunga akan dirangkai sedemikian rupa. Umumnya untuk agama Kristen, lebih sering menggunakan karangan bunga duka cita sebagai ungkapan rasa sedih ditinggal oleh seseorang yang ditinggalkan. Berikut 5 jenis bunga yang digunakan sebagai ungkapan duka.

Jenis Bunga Sebagai Ungkapan Belasungkawa Khusus Agama Kristen, Katolik dan Protestan

1. Bunga Anyelir

Bunga satu ini sering dijumpai di kebanyakan rumah duka sebagai ungkapan rasa empati dan duka cita. Umumnya, rangkaian bunga Anyelir akan berbentuk buket bunga. Bunga ini memiliki banyak warna, yang masing masing warna memiliki arti tersendiri. Seperti Anyelir putih yang memiliki makna kesucian, kasih sayang, dan ketulusan. Namun untuk umat Kristen dan Katolik, bunga Anyelir merah lebih banyak digunakan. Pasalnya bunga satu ini dipercaya terbuat dari air mata Perawan Maria.

2. Bunga Krisan

Selain sebagai tanaman hias, bunga Krisan juga bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa duka saat upacara pemakaman. Sehingga sering digunakan sebagai bunga duka cita. Bunga ini juga memiliki makna yang berbeda disetiap warnanya, bahkan di wilayah berbeda juga memiliki makna sendiri. Seperti di Jepang, Cina, dan Korea, krisan putih digunakan sebagai simbol kesedihan dan ratapan. Sedangkan di wilayah seperti Eropa dan Amerika, Krisan putih menjadi simbol kesucian.

3. Bunga Bakung atau Lily Putih

Bunga Bakung atau Lily Putih juga sering dikaitkan dengan pemakaman dan juga banyak digunakan di beberapa rumah duka. Pasalnya bunga satu ini dapat digunakan untuk melambangkan kepolosan yang telah dipulihkan untuk jiwa orang yang telah meninggal. Tidak hanya itu, bunga duka cita satu ini dapat digunakan untuk mengekspresikan kemurnian dan keagungan. Juga bisa dikhususkan sebagai lambang rasa empati.

Aroma yang dimiliki oleh bunga Bakung memang identik dengan pemakaman, rumah duka, dan orang meninggal. Bahkan di wilayah Eropa dan Amerika, bunga ini digunakan untuk melambangkan pemakaman. Umat Kristiani menganggap bunga Lily putih sebagai lambang keperawanan, kesucian, dan pancaran jiwa. Mereka juga percaya jika makam Perawan Maria juga ditutupi oleh bunga ini.

4. Bunga Gladiol

Bunga satu ini identik dengan batang tinggi yang terdiri dari beberapa bunga. Bunga Gladiol juga bisa mencapai ketinggian empat kaki. Bunga ini memiliki makna kehormatan, ketulusan, dan integritas moral. Bunga Gladiol memiliki berbagai warna, yang diantaranya warna merah muda, ungu, merah, putih, oranye, hijau, dan kuning. Umumnya bunga ini digunakan mengungkapkan rasa hormat kepada seseorang yang telah meninggal.

5. Bunga Mawar

Selain sebagai ungkapan cinta, bunga ini juga digunakan sebagai pilihan yang tepat sebagai bunga duka cita. Setiap warna pada Mawar memiliki makna tersendiri. Umumnya saat di pemakaman, bunga Mawar merah tua digunakan untuk mengungkapkan cinta dan kesedihan. Sedangkan mawar merah muda digunakan sebagai ungkapan terima kasih kepada almarhum ketika semasa hidupnya. Dan Mawar kuning, umumnya untuk diberikan kepada keluarga guna menunjukkan persaudaraan.

Itulah beberapa bunga yang biasanya digunakan lambang duka cita kepada keluarga, teman, sahabat, dan juga kerabat. umumnya kebanyakan umat Kristiani yang menggunakan bunga bunga ini. Jika Anda mencari rangkaian bunga, bisa menghubungi PasarBunga.co.id. Kami menyediakan berbagai produk bunga yang lengkap dan terpercaya. Bahkan pembeli tidak perlu datang langsung ke toko, Anda tinggal memilih produk dalam katalog setelah itu akan langsung kami kirim ke alamat tujuan.


  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.