Bunga Mawar menjadi salah satu jenis bunga yang sering dijadikan buket dan diberikan kepada seseorang sebagai ungkapan perasaan. Bunga mawar bisa dijadikan sebuah lambang kebahagiaan sekaligus kesedihan. Selain itu, terdapat juga fakta unik tentang bunga mawar yang perlu anda ketahui, berikut fakta uniknya.

Bunga Mawar Menjadi Bunga Nasional di Beberapa Negara

Karena bunga mawar mempunyai banyak jenis, bunga ini dijadikan sebagai bunga nasional untuk beberapa negara di dunia. Contohnya di Inggris yang menjadikan mawar jenis tudor sebagai bunga nasionalnya. Mawar juga sekaligus menjadi lambang dari dua kubu yang berperang dalam War of the Roses yang terjadi di Inggris pada tahun 1455 hingga 1485. Mawar merah adalah lambang kubu Lancaster, sedangkan mawar putih untuk kubu Yorkshire. Selain di negara Inggris, beberapa negara lainnya seperti New York, Georgia, North Dakota, dan Lowa juga menjadikan mawar bunga nasionalnya.

Makna Jumlah Tangkai Bunga Mawar

Tak hanya warna pada bunga mawar yang mempunyai arti, jumlah tangkai bunga mawar dalam satu buket juga mempunyai makna pesan yang berbeda-beda. Umumnya jumlah tangkai ini dimaksudkan untuk mengatakan pesan secara personal kepada orang yang dituju. Satu tangkai mawar memiliki arti bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang dicinta. Tiga tangkai mawar menyatakan “aku cinta kamu”. Tiga belas mawar mengatakan “aku pemuja rahasiamu”. Lima belas tangkai bunga mawar mengirimkan pesan penyesalan dan kata maaf. Di pasarbunga.co.id bunga mawar dengan 500 tangkai menjadi best seller lhoo.

Mawar Bisa Menghasilkan Buah

Fakta unik tentang bunga mawar selanjutnya pasti membuat anda terkejut. Bunga mawar yang selama ini terkenal karena keindahannya ternyata bisa menghasilkan buah. Buah dari mawar disebut dengan rose hips atau rose haws. Bentuknya sekilas mirip seperti beri dengan warna merah, ungu tua, atau bahkan hitam. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini cukup tinggi sehingga tak jarang diolah menjadi jeli, selai, dan dikeringkan untuk teh.

Mawar Mempunyai Arti di Setiap Warnanya

Setiap warna pada bunga mawar mempunyai arti yang berbeda-beda, agar terhindar dari kekeliruan makna di setiap warnanya, anda dapat membaca artikel berikut ini mengenai Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warna.

Spesies Mawar Dengan Empat Kelopak

Ada satu jenis bunga mawar dengan hanya empat kelopak saja dari seratus lebih spesies bunga mawar yang ada dunia, hampir semua bunga mawar memiliki lima kelopak. Jenis bunga mawar dengan empat kelopak tersebut yaitu spesies Rosa sericea. Karena perbedaan jumlah kelopaknya inilah yang membuat Rosa sericea tidak terlihat seperti mawar. Spesies mawar empat kelopak merupakan endemik di Nepal, Bhutan, India, Myanmar dan Tiongkok. Jadi, kalau ingin melihat secara langsung, anda dapat mengunjungi negara tersebut.

Itulah beberapa fakta unik tentang bunga mawar yang jarang orang ketahui, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.