Sudah menjadi rahasia umum, bahwa rangkaian bunga yang dibuat seringkali dijadikan lambang akan kasih sayang. Tak hanya itu saja, rangkaian bunga tertentu juga dapat dijadikan sebagai sebuah simbol kesedihan atau belasungkawa. Biasanya jenis bunga yang digunakan juga sangat beragam. Setiap jenis bunga yang ada juga memiliki makna tersendiri saat dijadikan simbol bunga duka cita.

4 Simbol atau Makna dari Bunga untuk Berbelasungkawa

1. Bunga Anyelir

Salah satu bunga yang paling sering dijadikan sebagai lambang belasungkawa adalah bunga anyelir. Bunga ini sendiri memiliki makna berduka dan sikap empati di dalamnya. Warna dari bunga anyelir sendiri juga memiliki beragam makna yang berbeda beda. Misalnya adalah bunga anyelir putih yang memiliki arti kesucian dan ketulusan. Sementara untuk anyelir merah memilii makna rasa semangat di dalamnya.

Bunga anyelir sendiri juga memiliki warna merah muda yang melambangakan kenangan. Dari beragam warna bunga yang ada, anda dapat memilih warna bunga yang paling sesuai. Misalnya adalah anda memilih anyelir berwarna merah. Maka anda secara tidak langsung memberikan semangat bagi pihak yang bersedih dalam bentuk bunga duka cita dari rangkaian bunga anyelir merah.

2. Bunga Lily

Bunga lily merupakan salah satu bunga yang banyak digunakan sebagai bentuk atau ungkapan kasih sayang dan juga cinta. Namun ternyata bunga lily ini juga dapat memiliki makna yang lain saat digunakan untuk rangkaian bunga yang sedang dibuat. Bunga lily tersebut juga memiliki makna lain berupa rasa belasungkawa dan empati dari pihak si pemberi bunga.

Biasanya pada upacara pemakaman yang dilakukan, juga terdapat jenis bunga lily yang digunakan. Warna lily putih lah yang merupakan warna yang sering digunakan pada acara tersebut. Bunga lily berwarna putih itu sendiri juga memiliki makna yang mendalam. Makna tersebut antara lain adalah berupa kesucian, kemurnian, dan juga rasa simpati atas kejadian atau musibah yang telah terjadi pada seseorang.

3. Bunga Mawar

Jenis bunga duka cita yang selanjutnya adalah mawar. Meskipun bunga mawar dapat diberikan sebagai wujud kasih sayang, namun bunga jenis ini juga dapat menunjukkan sikap bersedih akan suatu hal. Warna bunga mawar yang paling sering digunakan untuk ungkapan belasungkawa adalah putih dan merah. Keduanya juga memiliki makna yang berbeda di dalamnya.

Bunga mawar putih sendiri menunjukkan sikap hormat dan ketulusan dari pihak yang memberi bunga. Sementara untuk mawar merah dapat anda gunakan untuk menyemangati pihak yang tengah bersediha ataupun kehilangan. Warna bunga dari mawar tersebut dapat anda sesuaikan dengan makna atau pesan yang hendak anda sampaikan kepada pihak yang bersangkutan.

4. Bunga Gladiol

Bunga gladiol juga merupakan jenis bunga duka cita yang selanjutnya. Bunga ini sendiri merupakan salah satu jenis dari bunga lily yang paling tua di dunia. Jika dilihat dari aspek sejarah, maka bunga gladiol ini melambangkan ketulusan dan rasa hormat di masyarakat Romawi kuno. Oleh karena itu, anda dapat memilih bunga galdiol ini untuk diberikan kepada pihak lain sebagai wujud rasa hormat dan ketulusan dari diri anda.

Beragam jenis bunga dapat anda pilih untuk membuat rangkaian bunga sebagai bentuk belasungkawa atas kepergian seseorang. Jenis bunga tersebut antara lain adalah bunga anyelir, lily, mawar, dan juga gladiol. Setiap jenis bunga tersebut juga memiliku makna yang berbeda beda. Bahkan warna bunga yang ada juga dapat memberikan arti atau pesan yang juga berbeda.


  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.